Dikudeta, Presiden Burkina Faso Bersedia Mundur dengan Sejumlah Syarat

Umaya Khusniah ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 09:09:00 WIB
Dikudeta, Presiden Burkina Faso Bersedia Mundur dengan Sejumlah Syarat
Presiden Burkina Faso, Paul-Henri Damiba bersedia mundur setelah muncul kudeta. (Foto: Reuters)

OUAGADOUGOU, iNews.id - Presiden Burkina Faso, Paul-Henri Damiba bersedia mundur setelah muncul kudeta. Namun dia mengajukan sejumlah syarat kepada pemimpin militer Kapten Ibrahim Traore. 

Hal ini disampaikan para pemimpin agama dan adat, Minggu (2/10/2022). Ada tujuh syarat yang diajukan Damiba dan telah disetujui oleh militer. 

Sejumlah persyaratan tersebut di antaranya, jaminan keselamatan Damiba dan keamanan tentara yang mendukungnya. Selain itu juga menghormati janji yang dibuat untuk blok regional Afrika Barat untuk kembali ke pemerintahan konstitusional pada Juli 2024.

Sayangnya, Damiba tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar. Seorang anggota keluarga dekat mengatakan kepada Reuters bahwa, Damiba telah meninggalkan negara itu hari Minggu.

Sebelumnya, Traore mengatakan situasi kembali tertib setelah protes keras terhadap kedutaan Prancis dan hari-hari pertempuran di mana faksinya bergerak untuk menggulingkan pemerintah.

Perpecahan telah muncul di internal tentara. Banyak tentara muncul untuk mencari dukungan Rusia karena pengaruh bekas kekuasaan kolonial Prancis berkurang.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda