Diminta Taliban, Iran Mulai Lagi Ekspor BBM ke Afghanistan

Anton Suhartono · Senin, 23 Agustus 2021 - 18:54:00 WIB
Diminta Taliban, Iran Mulai Lagi Ekspor BBM ke Afghanistan
Iran memulai kembali ekspor BBM ke Afghanistan atas permintaan Taliban (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Iran memulai kembali ekspor bahan bakar minyak (BBM) bensin dan solar ke Afghanistan setelah mendapat permintaan dari Taliban. Ekspor sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu.

Anggota dewan serikat pekerja Serikat Eksportir Minyak Gas dan Petrokimia Iran menyatakan Hamid Hosseini menyatakan, permintaan tersebut dikirim langsung ke Iran setelah Taliban menguasai Kabul dan merebut pemerintahan.

"Taliban mengirim pesan ke Iran menyatakan, 'Anda bisa memulai kembali ekspor produk minyak bumi'," kata Hosseini, seraya menambahkan, beberapa eksportir tetap berhati-hati mengirim minyak ke Afghanistan terkait masalah keamanan.

Untuk menarik minat, Taliban memangkas tarif impor bahan bakar dari Iran hingga 70 persen.

Laporan PetroView, platform penelitian dan konsultasi minyak dan gas Iran, mengungkap ekspor utama Negeri Para Mullah ke Afghanistan adalah bensin dan solar. Iran mengekspor sekitar 400.000 ton bahan bakar ke Afghanistan sejak Mei 2020 hingga Mei 2021.

Taliban merebut pemerintahan Afghanistan dari Ashraf Ghani yang kini berada di Uni Emirat Arab. Kelompok tersebut mewarisi kekayaan kekayaan mineral yang nilainya mencapai 1 triliun dolar AS atau sekitar Rp14.469 triliun (kurs saat ini), berdasarkan hasil analisis pejabat militer dan ahli geologi Amerika Serikat pada 2010.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: