Dinas Keamanan Ukraina Tuduh Uskup Agung Kristen Ortodoks Dukung Rusia

Umaya Khusniah ยท Sabtu, 10 Desember 2022 - 05:38:00 WIB
Dinas Keamanan Ukraina Tuduh Uskup Agung Kristen Ortodoks Dukung Rusia
Dinas Keamanan Ukraina (SBU) menuduh seorang pemuka agama Kristen Ortodoks senior terlibat dalam aktivitas anti-Ukraina. Dia dinilai mendukung kebijakan Rusia dalam unggahan media sosial. (Foto: Reuters)

KIEV, iNews.id - Dinas Keamanan Ukraina (SBU) menuduh seorang pemuka agama Kristen Ortodoks senior terlibat dalam aktivitas anti-Ukraina. Dia dinilai mendukung kebijakan Rusia dalam unggahan media sosial.

Sebuah pernyataan SBU pada Jumat (9/12/2022), seorang uskup agung di keuskupan di Ukraina barat telah mengunggah postingan yang 'memalukan kehormatan dan martabat nasional Ukraina'. Dia juga berkontribusi pada hasutan permusuhan dan kebencian agama.

Pemuka agama yang tak disebut namanya itu juga dituduh menggunakan profil anonim di Facebook untuk menyebarkan narasi propagandis Rusia. Sayangnya SBU tak memberikan rincian lebih lanjut. 

Pernyataan tersebut dikeluarkan menyusul serangkaian penggerebekan properti yang digunakan oleh Gereja Ortodoks cabang Ukraina yang secara historis terkait dengan Rusia. Gereja Ortodoks di Ukraina juga telah mendapat tekanan lebih sejak invasi Rusia.

Dilansir dari Reuters, Gereja Ortodoks di Rusia telah mendukung invasi Moskow. Kiev mengatakan beberapa pemuka agama kristen ortodoks di Ukraina mungkin menerima perintah dari Moskow.

Sayang pejabat Gereja Ortodoks di Ukraina tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda