Dipakai Rusia dalam Perang di Ukraina, Senapan Kalashnikov AK-12 Kini Makin Canggih

Ahmad Islamy Jamil · Rabu, 21 September 2022 - 10:20:00 WIB
Dipakai Rusia dalam Perang di Ukraina, Senapan Kalashnikov AK-12 Kini Makin Canggih
Senapan Kalashnikov AK-12. (Foto: Ist.)

MOSKOW, iNews.idRusia telah memodifikasi senapan Kalashnikov AK-12 yang digunakan pasukannya dalam operasi militer di Ukraina. Tujuannya adalah untuk mempercepat penembakan dan memberi tentara lebih banyak kendali atas berbagai mode penembakannya.

Senjata Kalashnikov versi AK-12 mulai beroperasi pada 2018. Setelah dimodifikasi, pengguna senjata itu dapat menonaktifkan dua putaran pemutus letusan (burst cut-off), dan memiliki kontrol mode penembakan dua arah. Sandaran pipi pada senjata buatan perusahaan Kalashnikov Concern itu kini juga dapat disesuaikan.

“Dalam waktu sesingkat mungkin, kami memilih solusi teknis, membuat prototipe dan mendemonstrasikannya kepada perwakilan Kementerian Pertahanan Rusia,” kata Presiden Kalashnikov Concern, Alan Lushnikov, kepada kantor berita RIA, Rabu (21/9/2022).

Dia tidak mengatakan kapan senjata yang dimodernisasi itu akan mulai digunakan. Lushinkov hanya mengatakan bahwa itu dalam tahap dokumentasi desain.

Senapan serbu AK-12 yang dikembangkan oleh Kalashnikov saat ini menjadi senjata umum Angkatan Bersenjata Rusia. Senapan itu memiliki kaliber 5,45 mm dan akurasi yang lebih baik dibandingkan versi sebelumnya.

Produsen senjata Kalashnikov mendapat sanksi dari Amerika Serikat pada 2014, tahun ketika Rusia mencaplok Semenanjung Krimea dari Ukraina. Sementara, Uni Eropa dan Inggris juga mulai menjatuhkan sanksi terhadap Kalashnikov Concern tahun ini.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda