Disebut Joe Biden 'Pembunuh', Vladimir Putin Kini Malah Mengaku Puas

Antara · Kamis, 17 Juni 2021 - 09:59:00 WIB
Disebut Joe Biden 'Pembunuh', Vladimir Putin Kini Malah Mengaku Puas
Pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden AS Joe Biden di Jenewa, Swiss, Rabu (16/6/2021). (Foto: Reuters)

JENEWA, iNews.id – Presiden Rusia Vladimir Putin pernah disebut pembunuh oleh Presiden AS Joe Biden, Maret lalu. Hal itu pula yang membuat hubungan diplomatik kedua negara memburuk.

Akan tetapi, Putin mengatakan bahwa Biden telah meneleponnya untuk menjelaskan alasan menyebut dirinya “seorang pembunuh”. Menurut pemimpin Rusia itu, penjelasan yang diberikan Biden membuatnya merasa puas.

Putin menyampaikan hal itu saat konferensi pers usai pertemuan dengan Biden di Jenewa, Swiss, Rabu (16/6/2021).

Dalam wawancara dengan ABC News yang disiarkan pada Maret lalu, Putin mengatakan “ya” ketika ditanya apakah dia percaya bahwa Putin seorang pembunuh. Pernyataan itu memicu Rusia untuk memanggil duta besarnya di Washington DC untuk berkonsultasi, dan duta besar Amerika Serikat untuk Moskow kembali ke tanah air untuk melakukan hal serupa. 

Saat KTT pada Rabu, Biden dan Putin sepakat untuk mengembalikan duta besar mereka. “Mengenai pernyataan pedas itu apa yang dapat saya sampaikan, kami semua akrab dengan mereka,” kata Putin, merujuk pada wawancara Biden dengan ABC News.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2