Joe Biden Beri Hadiah Vladimir Putin Kacamata Aviator, Kerap Dipakai Militer AS dan NATO

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 17 Juni 2021 - 07:13:00 WIB
Joe Biden Beri Hadiah Vladimir Putin Kacamata Aviator, Kerap Dipakai Militer AS dan NATO
Presiden AS Joe Biden mengenakan kacamata aviator saat konferensi pers di Jeneewa, Swiss, Rabu (16/6/2021). (Foto: Reuters)

JENEWA, iNews.id – Presiden AS Joe Biden memberikan hadiah kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin, setelah pertemuan mereka di Jenewa, Swiss, Rabu (16/6/2021). Hadiah itu berupa kacamata aviator khusus dari sebuah perusahaan yang menyediakan kacamata hitam bagi militer AS dan para sekutu NATO

Pemberian Biden itu ditafsirkan sebagai “cubitan nakal” kepada Putin dan Rusia—yang mendapat sorotan dan kritik dari para sekutu NATO atas perilaku mengganggu Moskow dalam beberapa tahun terakhir.

Kacamata yang diberikan Biden kepada Putin dibuat oleh Randolph USA. Perusahaan itu bekerja sama dengan militer AS pada 1978 untuk membuat HGU-4/P Aviator yang digunakan oleh para pilot pesawat tempur. 

“Sejak itu, mereka (Randolph USA) telah menyediakan kacamata aviator tingkat tinggi dan tahan lama untuk militer AS dan mitra NATO, yang diproduksi di dalam negeri di pabrik Massachusetts milik mereka,” kata seorang pejabat Gedung Putih kepada wartawan, dikutip kembali Alarabiyah, Kamis (17/6/2021).

Biden juga memberikan Putin hadiah lain yaitu patung kristal Bison Amerika, “Sebuah interpretasi megah dari salah satu mamalia paling agung di negara kita dan perwakilan dari kekuatan, persatuan, ketahanan,” tambah pejabat itu.

Biden dan Putin bertemu di Jenewa untuk membahas perbedaan dalam pertemuan puncak yang sangat dinanti-nantikan. Pertemuan itu atas undangan presiden Amerika Serikat kepada Putin.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2