DK PBB Gelar Pertemuan Tertutup dengan AS soal Rencana Perdamaian Timur Tengah Trump

Anton Suhartono · Selasa, 04 Februari 2020 - 14:20 WIB
DK PBB Gelar Pertemuan Tertutup dengan AS soal Rencana Perdamaian Timur Tengah Trump

DK PBB akan gelar pertemuan tertutup dengan AS membahas rencana perdamaian Timur Tengah usulan Donald Trump (Foto: AFP)

NEW YORK, iNews.id - Dewan Keamanan (DK) PBB akan menggelar pertemuan tertutup untuk mendengarkan pemaparan penasihat senior Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Jared Kushner, mengenai rencana perdamaian Timur Tengah.

Rencana perdamaian yang diumumkan Trump pada Selasa pekan lalu itu sudah ditolak oleh Palestina sejak awal serta Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dalam pertemuan darurat di Jeddah, Arab Saudi, Senin (3/2/2020).

Belgia selaku presiden DK PBB untuk Februari 2020 menyatakan pertemuan tertutup itu akan digelar pada Kamis (6/2/2020) antara pukul 12.00 hingga 13.00 waktu setempat atau Jumat (7/2/2020) antara pukul 00.00 dan 01.00 WIB.

"Amerika Serikat akan mengajukan konsultasi tertutup untuk memaparkan rencana (perdamaian) Amerika kepada para anggota dewan. Rencananya, sejauh yang saya pahami, Kushner, sebagai utusan khusus, akan berpartisipasi dalam pertemuan tersebut," kata Duta Besar Belgia untuk PBB Marc Pecsteen de Buytswerve, seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (4/2/2020).

Selain itu DK juga akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada 11 Februari 2020.

Sebelumnya, DK mendapat permintaan secara informal untuk mengadakan pertemuan dengan Abbas. Permintaan resmi kemungkinan akan diajukan pada Senin (10/2/2020).

Selain penolakan dari OKI, rencana perdamaian Israel-Palestina versi pemerintahan Trump itu juga diboikot Liga Arab.

Dalam pertemuan darurat di markas besar Liga Arab di Kairo, Mesir, Sabtu (1/2/2020), para menteri luar negeri Arab dengan suara bulat sepakat memboikot rencana perdamaian itu dan menolak bekerja sama dengan AS dengan cara apa pun.

Editor : Anton Suhartono