Dokter Ini Rela Tak Mandi 5 Tahun demi Penelitian, Begini Hasilnya

Djairan ยท Senin, 18 Januari 2021 - 20:36:00 WIB
Dokter Ini Rela Tak Mandi 5 Tahun demi Penelitian, Begini Hasilnya
James Hamblin (Foto: ITV)

WASHINGTON, iNews.id - Seorang dokter spesialisasi pencegahan penyakit melakukan eksperimen tak biasa terhadap dirinya. Dia rela tidak mandi selama 5 tahun untuk mendapatkan perspektif baru mengenai kebersihan.

Dia adalah James Hamblin, profesor berusia 37 tahun di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Yale. Dalam eksperimen gila itu, Hamblin ingin mengetahui bagaimana kondisi kulit manusia jika tidak menggunakan produk kebersihan, seperti sabun, sampo, dan lainnya.

Seperti diketahui, dalam pemahaman umum,  manusia sepakat betapa pentingnya kebersihan karena bisa melindungi dari infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit. Lantas, bagaimana jika seseorang tidak mandi bahkan dalam jangka waktu bertahun-tahun?

"Saya merasa baik-baik saja," kata Hamblin, saat ditanya terkait keputusannya berhenti mandi selama 5 tahun, dikutip dari BBC Indonesia, Senin (18/1/2021).

"Jadi terbiasa. Rasanya biasa saja," kata dia, lagi.

Selain sebagai akademisi, Hamblin juga merupakan jurnalis kesehatan. Pada 2016, dia menulis artikel untuk majalah Amerika, The Atlantic, dengan judul 'I Quit Showering, and Life Continued' atau Saya Berhenti Mandi dan Hidup Terus Berlanjut.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3