Donald Trump Gugat CNN Rp7,25 Triliun, Tak Terima Dibanding-bandingkan dengan Hitler

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 04 Oktober 2022 - 07:44:00 WIB
Donald Trump Gugat CNN Rp7,25 Triliun, Tak Terima Dibanding-bandingkan dengan Hitler
Mantan Presiden AS Donald Trump. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Mantan Presiden AS Donald Trump pada Senin (3/10/2022) menggugat CNN atas tuduhan pencemaran nama baiknya. Dia juga meminta ganti rugi senilai 475 juta dolar AS atau lebih dari Rp7,25 triliun kepada jaringan media itu, yang dia sebut telah melakukan kampanye kotor dan fitnah terhadapnya.

Dalam gugatan yang diajukan di Pengadilan Distrik AS di Fort Lauderdale, Florida, Trump mengklaim bahwa CNN telah menggunakan pengaruhnya yang besar sebagai organisasi media terkemuka untuk mengalahkannya secara politik. Namun, CNN menolak mengomentari kasus ini.

Trump juga mengklaim dalam gugatan setebal 29 halaman itu bahwa CNN memang memiliki rekam jejak yang panjang dalam mengkritiknya. Akan tetapi, dalam beberapa bulan terakhir, serangan media itu kian meningkat karena jaringan berita itu khawatir dia akan mencalonkan diri lagi sebagai presiden pada Pemilu AS 2024.

“Sebagai bagian dari upaya bersama untuk memiringkan keseimbangan politik ke kiri, CNN telah mencoba untuk menodai pihak Penggugat (Trump) dengan serangkaian label yang semakin memalukan, palsu, dan mengandung fitnah seperti ‘rasial’, ‘pecundang Rusia’, ‘pelanggar hukum’, dan sekarang ‘Hitler’,” klaim gugatan itu, seperti dikutip Reuters, Selasa (4/10/2022).

Gugatan itu mencantumkan beberapa contoh ketika CNN tampaknya membandingkan Trump dengan Hitler, termasuk laporan khusus (lapsus) yang dibawakan oleh pembawa acara Fareed Zakaria pada Januari 2022. Lapsus tersebut juga menyertakan rekaman tentang diktator Nazi Jerman itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda