Donald Trump Klaim AS akan Punya Vaksin Covid-19 sebelum Akhir Tahun Ini

Arif Budiwinarto ยท Senin, 06 Juli 2020 - 05:04 WIB
Donald Trump Klaim AS akan Punya Vaksin Covid-19 sebelum Akhir Tahun Ini

Donald Trump berpidato dalam kampanye Presiden Amerika Serikat di Tulsa, Oklahoma, Minggu (21/6/2020) (foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengklaim negaranya jadi yang terdepan dalam penanganan Covid-19. Trump mengklaim AS akan memiliki vaksin virus tersebut sebelum akhir tahun.

Pernyataan tersebut diutarakan Trump di sela-sela pidato perayaan Hari Ulang Tahun Amerika Serikat di Washington DC pada Sabtu (4/7/2020) kemarin. Presiden ke-45 AS itu memuji pendekatan pemerintahannya dalam mengatasi gelombang kedua pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung.

Menurut Trump, Amerika sudah belajar bagaimana cara "memadamkan api". Meskipun saat ini masih tercatat sebagai negara dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi di dunia, AS diklaim terdepan dalam penelitian dan penemuan vaksi virus yang menyerang pernapasan tersebut.

"Kami telah membuat banyak kemajuan. Strategi kami berjalan dengan baik. Kami memiliki pengujian terbaik dunia. Terkait solusi (penanganan) kami saat ini melakukannya dengan sangat baik. Kami kemungkinan akan memiliki solusi vaksin sebelum akhir tahun," kata Trump dikutip dari AFP, Senin (6/7/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Trump juga menyatakan kemarahannya terhadap pengunjuk rasa yang merusak sejumlah patung tokoh AS dalam demonstrasi anti-rasisme belum lama ini. Dia berjanji akan memberikan "penanganan khusus" pada para kelompok-kelompok radikal.

Sebagai upaya memulihkan kembali patung-patung maupun simbol-simbol sejarah Amerika Serikat yang dirusak oleh para demonstran, Trump berencana "Taman Pahlawan Amerika" yang merupakan area khusus sebagai rumah baru patung-patung tersebut.

Editor : Arif Budiwinarto