Donald Trump Selamatkan Pangeran MBS dari Tuduhan Pembunuhan Jamal Khashoggi

Anton Suhartono ยท Jumat, 11 September 2020 - 04:59 WIB
Donald Trump Selamatkan Pangeran MBS dari Tuduhan Pembunuhan Jamal Khashoggi

Donald Trump menyelamatkan Pangeran MBS dari tuduhan pembunuhan Jamal Khashoggi (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sesumbar dia menyelamatkan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) dari tuduhan kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Dalam satu dari 18 wawancara dengan jurnalis investigasi legendaris, Bob Woodward, Trump membela MBS atas pembunuhan sadis di kantor konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada Oktober 2018. Khashoggi merupakan pengkritik kebijakan MBS dan tinggal di AS sejak setahun sebelum pembunuhannya untuk menghindari ancaman di dalam negeri.

"Saya menyelamatkannya," kata Trump, kepada Woodward, dalam buku terbaru berjudul 'Rage' yang segera dirilis, sebagaimana dibocorkan Business Insider.

"Saya berhasil membuat Kongres melepaskannya. Saya bisa membuat mereka menghentikannya," ujarnya, lagi.

Trump menegaskan, MBS membantah keterlibatannya dalam kasus pembunuhan yang menghebohkan dunia itu. Khashoggi merupakan kontributor The Washington Post.

"Dia (MBS) akan selalu mengatakan tidak melakukannya. Dia mengatakan itu kepada semua orang dan terus terang saya senang dia mengatakan itu. Dia akan mengatakan itu kepada Kongres dan dia akan mengatakan itu juga kepada semua orang. Dia tidak pernah mengatakan sebagai pelakunya," kata Trump, seperti dilaporkan kembali AFP, Jumat (11/9/2020).

Pembunuhan Khashoggi sempat memicu perdebatan di antara anggota parlemen AS, yakni kubu yang menuduh MBS harus bertanggung jawab dan sebaliknya.

Di sisi lain, pemerintahan Trump tetap mendukung Arab Saudi, termasuk meloloskan persetujuan di Kongres untuk menyetujui penjualan senjata senilai 8 miliar dolar kepada negara Teluk itu.

"Dia mengatakan dengan sangat tegas, tidak melakukannya. Bob, mereka menghabiskan 400 miliar dolar dalam waktu cukup singkat," ujar Trump, seperti dikutip Woodward, dalam bukunya.

Pengadilan Arab Saudi pada Senin (7/9/2020) membatalkan hukuman mati kepada lima terdakwa pembunuhan Khashoggi dan mengganti hukumannya dengan penjara 20 tahun. Sementara itu tiga orang lainnya diganjar hukuman bervariasi hingga 10 tahun.

Editor : Anton Suhartono