Donald Trump Tertinggal dalam Polling dari Joe Biden, tapi Belum Tentu Kalah Pilpres

Anton Suhartono ยท Minggu, 18 Oktober 2020 - 16:11 WIB
Donald Trump Tertinggal dalam Polling dari Joe Biden, tapi Belum Tentu Kalah Pilpres

Donald Trump belum tentu kalah dalam Pilpres AS meskipun polling mengunggulkan Joe Biden (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Donald Trump memang tertinggal dalam polling Pemilihan Presiden Amerika Serikat (Pilpres AS) 2020 dari pesaingnya Joe Biden, namun belum tentu kalah dalam pemilihan sesungguhnya.

Biden yang merupakan kandidat dari Partai Demokrat unggul 9 persen dari Trump dalam polling nasional berdasarkan RealClearPolitics.

Namun yang perlu diperhatikan, dalam Pilpres AS, capres memenangkan kursi Gedung Putih bukan dipilih langsung oleh rakyat, melainkan lewat Electoral College atau lembaga pemilih.

Warga datang ke tempat pemungutan untuk memilih wakil mereka di Electoral College. Electoral College lah yang kemudian memilih presiden beserta pasangannya yang sudah satu paket.

Anggota electoral college dicalonkan oleh partai politik di setiap negara bagian. Mereka umumnya pejabat partai atau berafiliasi dengan kandidat presiden. Jumlah perwakilan setiap negara bagian disesuaikan dengan populasi di wilayah tersebut. Semakin banyak populasi, suara elektoralnya lebih banyak. Total anggota Electoral College 538 orang.

Setiap anggota memiliki satu hak suara. Sementara capres harus mendapatkan suara terbanyak, yakni 270 atau lebih, untuk pemilihan.

Pada pilpres 2016, Trump juga kalah dalam polling dari pesaingnya Hillary Clinton, namun dia memang suara elektoral di banyak negara bagian, syarat yang diperlukan untuk memenangkan pesta demokrasi.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3 Tampilkan Semua