Donald Trump Yakin Kim Jong Un Ingin Bertemu

Anton Suhartono ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 09:08 WIB
Donald Trump Yakin Kim Jong Un Ingin Bertemu

Donald Trump yakin pertemuan dengan Kim Jong Un akan terwujud (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yakin pertemuannya dengan pemimpin Korea Utara  (Korut) Kim Jong Un akan terwujud. Padahal Korut menyatakan penolakan jika AS tak mengubah sikap.

Menurut Trump, Korut sebenarnya ingin bertemu untuk menyelesaikan krisis nuklir dan mengakhiri sanksi ekonomi.

“Saya paham mereka ingin bertemu dan kami tentu akan melakukan itu. Saya akan melakukannya jika saya pikir ini akan membantu,” kata Trump, dalam wawancara dengan Gray Television, seperti dilaporkan kembali VOA, Kamis (9/7/2020).

Dia kembali menegaskan hubungannya dengan Kim Jong Un tetap baik meskipun kedua negara dilanda konflik terkait pembicaraan nuklir yang tak kunjung usai.

“Saya memiliki hubungan sangat baik dengannya, jadi itu mungkin saja terjadi (pertemuan),” ujarnya.

Pekan lalu Korut menegaskan tidak berminat bertemu dengan AS, bahkan penolakan disampaikan dua kali.

Dijelaskan, pertemuan hanya akan menguntungkan situasi politik dalam negeri Trump.

“Sekali lagi secara spesifik kami katakan tidak berniat duduk berhadapan dengan AS,” kata Kwon Jong Gun, pejabat kementerian luar negeri Korea Utara, saat itu.

Lalu pada Sabtu, diplomat senior Korut Choe Son Hui mengatakan negaranya tidak merasa perlu bertemu langsung dengan AS, karena dialog tidak lebih dari alat untuk mengatasi krisis politik.

Trump dan Kim bertemupertama kali pada Juni 2018 di Singapura, disusul dengan pertemuan kedua di Hanoi, Vietnam, pada Februari 2019 dan beberapa bulan kemudian di perbatasan Korut-Korsel Panmunjom.

Editor : Anton Suhartono