Dubes Myanmar untuk China Meninggal Tiba-Tiba, Penyebab Masih Misterius

Anton Suhartono ยท Senin, 08 Agustus 2022 - 13:49:00 WIB
Dubes Myanmar untuk China Meninggal Tiba-Tiba, Penyebab Masih Misterius
Dubes Myanmar untuk China U Myo Thant Pe meninggal dunia tiba-tiba (Foto: AP)

BEIJING, iNews.id - Duta Besar (Dubes) Myanmar untuk China U Myo Thant Pe meninggal dunia seketika, Minggu (7/8/2022). U Myo Thant Pe meninggal di Kota Kunming saat kunjungan kerja.

Kementerian Luar Negeri (Kmelu) Myanmar membenarkan meninggalnya U Myo Thant Pe dalam pernyataan yang dirilis surat kabar pemerintah, Senin (8/8/2022). Kemlu Myanmar tak menjelaskan penyebab kematiannya. Namun para diplomat China serta media massa Myanmar melaporkan, ada kemungkinan U Myo Thant Pe mengalami serangan jantung, meski tak ada penjelasan resmi.

Diplomat tersebut terakhir terlihat pada Sabtu saat bertemu seorang pejabat pemerintah lokal di Provinsi Yunnan, wilayah yang berbatasan dengan Myanmar.

U Myo Thant Pe diangkat menjadi dubes untuk China sejak 2019. Dia tetap dipercaya menduki jabatan itu di bawah pemerintahan junta militer pimpinan Min Aung Hlaing. Seperti diketahui, militer Myanmad menggulingkan pemerintahan Aung San Suu Kyi pada 1 Februari 2021.

U Myo Thant Pe merupakan dubes keempat yang meninggal di China sejak setahun terakhir. Sebelumnya Dubes Jerman Jan Hecker (54) meninggal pada September 2021 atau baru 2 pekan sejak menduduki jabatannya.

Kemudian Dubes Ukraina Serhiy Kamyshev (65) meninggal pada Februari 2022 setelah berkunjungan ke lokasi Olimpiade Musim Dingin Beijing. Dubes Filipina Jose Santiago 'Chito' Sta Romana (74) menjadi diplomat yang meninggal selanjutnya. Dia tutup usia saat menjalani karantina Covid-19 di Provinsi Anhui pada April.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda