Duh! Covid Varian Omicron Sudah Sampai ke Singapura

Anton Suhartono, Ahmad Islamy Jamil · Kamis, 02 Desember 2021 - 19:15:00 WIB
Duh! Covid Varian Omicron Sudah Sampai ke Singapura
Covid varian omicron sudah sampai di Singapura (ilustrasi). (Foto: Reuters)

SINGAPURA, iNews.id – Singapura pada Kamis (2/12/2021) mendeteksi dua kasus impor Covid varian omicron. Saat ini kedua pasien tersebut telah diisolasi, menurut Kementerian Kesehatan setempat.

Reuters melansir, pelacakan kontak terhadap kedua orang itu sedang berlangsung. Pelacakan antara lain dilakukan terhadap para penumpang di penerbangan yang sama dengan mereka yang terinfeksi. “Tidak ada bukti penularan komunitas,” ungkap Kementerian Kesehatan Singapura dalam sebuah pernyataan yang dikutip pada hari ini.

Singapura telah memutuskan untuk memperketat atuaran masuknya para pelancong asing guna mencegah penularan Covid-19 varian omicron. 

Menteri Kesehatan Singapura, Ong Ye Kung mengatakan, pihaknya masih terus mengevaluasi perkembangan yang terjadi sambil meningkatkan tes terhadap para pelancong dan petugas garis depan guna mencegah risiko penularan.

“Ini adalah hal bijaksana yang bisa dilakukan saat ini, ketika kita dihadapkan dengan ketidakpastian besar,” kata Ong pada Selasa (30/11/2021) lalu.

Beberapa aturan baru yang diberlakukan adalah, pertama, pelancong yang memasuki Singapura, tentunya sudah mendapatkan vaksinasi lengkap dari produk vaksin yang disetujui WHO, akan menghadapi pengetatan mulai Kamis (2/12/2021) pukul 23.59 waktu setempat. 

Pelancong yang tiba menggunakan penerbangan melalui skema Vaccinated Travel Lane (VTL) memang masih bebas karantina, namun harus tetap menjalani tes antigen mandiri. Kondisi mereka juga akan dicek pada hari ke-3 dan ke-7 dari kedatangan.

Sebelumnya, para pelancong hanya diberikan syarat melakukan tes swab Covid-19 di negara masing-masing dan setelah tiba.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: