Positif Covid Varian Omicron, Pasutri Ini Sempat Bohong kepada Petugas

Salsabilla Nur Rizki ยท Kamis, 02 Desember 2021 - 16:18:00 WIB
Positif Covid Varian Omicron, Pasutri Ini Sempat Bohong kepada Petugas
Covid varian Omicron telah terdeteksi di 26 negara dan wilayah hingga Rabu (1/12/2021). (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id – Sepasang suami istri (pasutri) berbohong kepada petugas mengenai riwayat perjalanannya dari Nigeria, baru-baru ini. Namun, hasil tes terhadap keduanya akhirnya menunjukkan bahwa mereka positif terinfeksi Covid varian omicron, Kamis (02/12/21).

Pasutri itu pun menjadi pasien pertama di Korea Selatan yang terkena varian baru virus corona tersebut. Sampai sejauh ini, otoritas kesehatan di negeri ginseng telah mengonfirmasi lima kasus Covid varian omicron.

Kepada petugas kesehatan, pasangan itu awalnya mengaku sudah menggunakan taksi khusus karantina yang mereka tumpangi dari Bandara Incheon menuju rumah mereka. Sesuai aturan yang berlaku di Korsel, taksi khusus itu harus digunakan oleh warga Korea yang baru pulang dari luar negeri saat menuju ke rumah mereka, untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di negara Asia itu.

Akan tetapi, pihak berwenang menemukan fakta bahwa pasutri itu ternyata tidak pernah menggunakan taksi tersebut. Dari Bandara Incheon, keduanya pulang ke rumah menggunakan kendaraan pribadi yang dikemudikan oleh teman mereka, seorang warga Uzbekistan. 

Kontak si pasutri itu menjadi tidak terdeteksi oleh otoritas kesehatan Korsel, karena teman mereka itu tidak tercatat sebagai warga Korea. Padahal, WN asing telah menemui banyak orang sesudah mengantarkan pasangan tersebut ke rumah mereka.

“Pernyataan palsu mereka membuat pria Uzbekistan itu tidak dikategorikan sebagai mereka yang melakukan kontak dekat dengan pasien Covid-19,” ungkap otoritas kesehatan Korsel, hari ini.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: