Duh, Vaksin Covid-19 Harus Selalu Disimpan di Suhu -80 Derajat Celsius

Anton Suhartono ยท Minggu, 20 September 2020 - 17:03 WIB
Duh, Vaksin Covid-19 Harus Selalu Disimpan di Suhu -80 Derajat Celsius

Beberapa jenis vaksin Covid-19 harus disimpan di suhu -80 derajat Celsius (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Perjuangan untuk memberikan vaksin Covid-19 kepada penerima bukan perkara mudah. Sekalipun vaksin tersedia, butuh usaha keras untuk mengirimnya sampai ke penerima, tanpa membuat kualitasnya menurun.

Pasalnya sebagian vaksin virus corona harus selalu berada di suhu -80 derajat Celsius, terhitung sejak dimasukkan ke botol sampai diinjeksi ke manusia.

Masalah yang bakal dihadapi adalah saat pengiriman dari produsen ke penerima yang bisa menempuh jarak ribuan kilometer.

Suhu setara pedalaman Kutub Selatan itu harus tetap menyertai perjalanan vaksin sampai ke miliaran penduduk dunia.

Perusahaan-perusahaan logistik mulai berpikir serta berusaha keras mencari cara menyimpan ratusan juta dosis vaksin dalam suhu -80 derajat selama pengiriman. Penggunaan dry ice akan menjadi salah satu pilihan.

Pesawat, kapal, truk, serta gudang penyimpanan harus dilengkapi dengan freezer, tentu saja bukan kotak pendingin biasa. Tantangan lain, botol vaksin harus tahan suhu ekstrem.

"Kami baru paham kompleksitas pengiriman. Tidak ada jalan lain, ini menuntut suhu sangat ekstrem yang akan membatasi akses dan pengiriman," kata J Stephen Morrison, wakil presiden lembaga riset Pusat Kajian Strategis dan Internasional (CSIS), dikutip dari The New York Times, Minggu (20/9/2020).

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua