Erdogan Akan Bertemu Joe Biden, Jet Tempur F-35 Jadi Bahasan Utama  

Anton Suhartono · Rabu, 27 Oktober 2021 - 16:47:00 WIB
Erdogan Akan Bertemu Joe Biden, Jet Tempur F-35 Jadi Bahasan Utama  
Presiden Recep Tayyip Erdogan (kiri) akan bertemu Joe Biden di Glasgow, membahas nasib kerja sama F-35 (Foto: Reuters)

ANKARA, iNews.id - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan bertemu mitranya Joe Biden di Glasgow, Skotlandia. Nasib kerja sama jet tempur F-35 kedua negara akan menjadi bahasan utama pertemuan kedua pemimpin.

Turki dikeluarkan dari program pengadaan jet tempur siluman itu karena membeli rudal pertahanan S-400 Rusia. Padahal Turki sudah menyetorkan uang ke AS untuk investasi produksi pesawat tempur tersebut.

Menurut Erdogan, dihapusnya Turki dari program ini tidak adil. Namun dia tetap menuntut penggantian untuk investasi 1,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp20 triliun yang sudah disetorkan.

"Informasi yang kami terima adalah ada semacam rencana pembayaran. Apakah ini benar atau tidak, kami akan mencari tahu dari mereka. Akan lebih baik bagi saya untuk mendiskusikan ini dengan Biden di tingkat tertinggi. Kami akan membuat kesepakatan dalam hal itu," kata Erdogan, dalam penerbangan dari Azerbaijan, dikutip dari kantor berita Anadolu, Rabu (27/10/2021).

Sebelumnya Erdogan mengatakan AS menawarkan kepada Turki penjualan F-16 serta peralatan modernisasi sebagai imbalan atas pembayaran tersebut. Namun AS menepis adanya rencana itu.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda