Erdogan Akhirnya Bakal Temui Putin di Rusia Bahas Konflik Suriah

Nathania Riris Michico ยท Senin, 02 Maret 2020 - 15:44 WIB
Erdogan Akhirnya Bakal Temui Putin di Rusia Bahas Konflik Suriah

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) saat Konferensi di Berlin tentang perdamaian Libya di Berlin. (FOTO: Murat CETINMUHURDAR / TURKISH PRESIDENTIAL PRESS SERVICE/ AFP)

ISTANBUL, iNews.id - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan mengunjungi Rusia pada Kamis (4/3/2020) untuk menghadiri pertemuan puncak dengan Presisden Rusia Vladimir Putin. Mereka akan membahas ketegangan yang kian meningkat di Suriah.

"Presiden akan melakukan kunjungan satu hari ke Rusia pada 5 Maret," demikian pernyataan kepresidenan Turki, seperti dilaporkan AFP, Senin (2/3/2020).

Turki mengonfirmasi pada Minggu kemarin bahwa pihaknya melancarkan operasi militer penuh terhadap pasukan Suriah yang didukung Rusia, menyusul meningkatnya bentrokan di kubu pemberontak terakhir Idlib.

Turki, yang mendukung para pejuang Islam di provinsi itu, menewaskan 19 tentara Suriah dalam serangan drone pada Minggu dan menjatuhkan dua pesawat rezim Suriah.

Namun Turki bertekad menghindari bentrokan dengan Rusia, sebab keduanya memiliki kerjasama pertahanan dan perdagangan.

Kendati berada di sisi yang berlawanan terkair konflik Suriah, keduan negara berkoordinasi erat di masa lalu.

Mereka meneken kesepakatan di Sochi pada 2018 yang memicu Turki mendirikan 12 pos pengamatan militer di Idlib untuk mencegah serangan Suriah dan menyebabkan naiknya jumlah pengungsi ke wilayah Turki.

Namun Suriah dan Rusia tampaknya semakin bertekad mendapatkan kembali kendali penuh atas wilayah itu. Peningkatan ketegangan terakhir terjadi setelah pembunuhan 34 tentara Turki pekan lalu dalam serangan udara yang dituduhkan dilakukan oleh Suriah.

Editor : Nathania Riris Michico