Fantastis, Polandia Tuntut Ganti Rugi Perang Dunia II Rp19.000 Triliun ke Jerman

Anton Suhartono ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 20:13:00 WIB
Fantastis, Polandia Tuntut Ganti Rugi Perang Dunia II Rp19.000 Triliun ke Jerman
Zbigniew Rau (Foto: Reuters)

WARSAWA, iNews.id - Polandia akan menuntut ganti rugi kepada Jerman terkait Perang Dunia II. Menteri Luar Negeri (Menlu) Polandia Zbigniew Rau menandatangani nota diplomatik untuk Jerman soal ganti rugi Perang Dunia II, Senin (3/10/2022).

Nota diplomatik itu diteken menjelang kunjungan Menlu Jerman Annalena Baerbock Selasa besok.

Bulan lalu partai berhaluan nasionalis yang sedang berkuasa di Polandia, Partai Hukum dan Keadilan (PiS), memperkirakan Jerman berutang 6,2 triliun zlotys atau sekitar Rp19.206,2 triliun terkait Perang Dunia II.

"(Nota) Menyatakan sikap Menlu Polandia bahwa berbagai pihak harus mengambil langkah segera untuk secara permanen dan efektif menyelesaikan masalah konsekuensi agresi dan pendudukan Jerman," kata Rau, dikutip dari Reuters.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Polandia Lukasz Jasina mengatakan, Rau akan mengangkat masalah ini dengan Baerbock selama kunjungan ke Warsawa.

Sekitar 6 juta warga Polandia, termasuk 3 juta Yahudi, terbunuh selama perang. Bukan hanya itu Kota Warsawa rata dengan tanah menyusul pemberontakan 1944 yang menewaskan sekitar 200.000 warga sipil.

Namun penguasa komunis Polandia pada 1953 menyepakati untuk melepas klaim ganti rugi Perang Dunia II dengan Uni Soviet.

PiS menilai kesepakatan itu tidak sah karena Polandia tidak bisa merundingkan kompensasi yang adil. Sejak mengambilalih kekuasaan pada 2015, PiS menghidupkan kembali seruan ganti rugi.

Sejauh ini belum ada komentar dari Kemlu Jerman. Namun sejak lama Jerman menyatakan semua klaim ganti terkait perang telah diselesaikan.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda