Filipina Izinkan Masuk Warga Asing Pemegang Visa Jangka Panjang mulai 1 Agustus

Anton Suhartono ยท Jumat, 17 Juli 2020 - 14:43 WIB
Filipina Izinkan Masuk Warga Asing Pemegang Visa Jangka Panjang mulai 1 Agustus

Harry Roque (Foto: AFP)

MANILA, iNews.id - Filipina akan membuka perbatasan mulai 1 Agustus 2020 untuk mengizinkan masuk warga asing tertentu, setelah ditutup akibat lockdown virus coron.

Juru Bicara Kepresidenan Harry Roque mengatakan, warga asing pemilik visa jangka panjang, seperti pemukim atau pelajar, akan diizinkan masuk.

Gugus tugas Covid-19 antarlembaga menyetujui keputusan terssebut pada Kamis (16/7/2020). Namun warga asing wajib memenuhi persyaratan yang ditentukan sebelum mereka masuk.

Mereka harus memesan terlebih dahulu fasilitas karantina yang terakreditasi pemerintah serta penyedia layanan tes Covid-19.

"Pertama-tama mereka harus memiliki visa yang sudah ada sebelumnya dan masih berlaku pada saat masuk. Ini berarti tidak ada visa masuk baru yang akan diterima," kata Roque, dikutip dari Xinhua, Jumat (17/7/2020).

Jumlah warga negara asing yang diizinkan masuk, lanjut dia, bergantung pada kapasitas maksimum penumpang  serta tanggal masuk mereka. Dia mengingatkan pada tahap awal ini, pemerintah masih memprioritaskan warga Filipina yang kembali dari luar negeri.

Warga negara asing selain pejabat diplomatik dan organisasi internasional yang terakreditasi beserta keluarga mereka tidak diizinkan masuk Filipina sejak 22 Maret.

Filipina memberlakukan lockdown pada pertengahan Maret guna membendung penyebaran virus corona. Lockdown berakibat pada pembatasan perjalanan darat, udara, dan laut, serta menangguhkan layanan transportasi massal.

Sejauh ini Filipina mengonfirmasi 61.266 kasus Covid-19, sebanyak 1.643 di antaranya meninggal dunia.

Editor : Anton Suhartono