Fosil Gigi Hiu Dinosaurus Jaman Purba Dicuri di Australia

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 14 Maret 2018 - 07:28:00 WIB
Fosil Gigi Hiu Dinosaurus Jaman Purba Dicuri di Australia
Gigi hiu raksasa zaman purba dicuri di Taman Nasional Australia Barat. (Foto: BBC)

PERTH, iNews.id - Gigi yang berasal dari hiu raksasa purba dicuri dari Situs Warisan Dunia di Australia. Gigi sepanjang 8 sentimeter itu hilang dari lokasi tersembunyi di sebuah taman nasional terpencil di Australia Barat.

Menurut Kementerian Lingkungan dan Konservasi Australia Barat, fosil gigi hiu itu terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO. Pihak berwenang menduga, gigi itu sengaja dijadikan target pencurian oleh pelaku, lantaran gigi itu berada di lokasi yang disembunyikan.

Fosil tersebut berasal dari spesies Megalodon, predator raksasa yang diyakini meninggal sekitar 2,6 juta tahun lalu. Fosil yang hilang merupakan satu dari dua gigi Megalodon yang berada di Pantai Ningaloo.

"Bagian terburuknya adalah mereka mencuri model (fosil gigi hiu) yang lebih baik dari yang lain, yang tidak begitu terkenal. Staf kami benar-benar menutupinya secara fisik dengan menyimpannya secara alami, untuk memastikannya tersembunyi," kata kata juru bicara situs tersebut, Arvid Hogstrom, dikutip dari BBC, Rabu (14/3/2018),

Hogstrom mengatakan, gigi yang dicuri itu berada di lokasi setengah rahasia dan menempel di batu karang agar tidak ditemukan. Berbeda dengan gigi lainnya, lokasi gigi ini tidak dikunjungi wisatawan.

Hogstrom juga menyebut hanya sekelompok kecil penduduk setempat dan sedikit orang yang mengetahui lokasi gigi hiu disimpan. Dia curiga, seseorang mungkin tanpa sadar mengatakan kepada orang lain soal lokasi tersebut sehingga gigi itu dicuri.

Fosil tersebut kemungkinan besar diambil menggunakan palu atau pahatan. Pencurian ini, disebut Hogstrom, merupakan pelanggaran hukum vandalisme dan konservasi.

Dia mengaku tidak mengetahui harga jual fosil gigi hiu, Namun menurutnya harga gigi itu tidak akan terlalu mahal.

Fosil ini sudah dipelihara dengan baik sejak zaman purba. Gigi ini menjadi barang langka karena jarang ditemukan dalam keadaan utuh.

"Biasanya, Anda hanya akan mendapatkan bagian dari gigi, tertanam di batu kapur, dan bukan gigi yang hampir utuh," kata Hogstrom.

Megalodon, spesies pemakan ikan paus, bisa tumbuh hingga 18 meter dan beratnya mencapai 100 ton, sekitar 30 kali lebih berat daripada hiu putih terbesar.

Fosil ini ditemukan di seluruh dunia, termasuk di Eropa, Afrika dan Amerika.

Editor : Anton Suhartono