Gara-Gara Covid, Sipir Tembak Mati 8 Narapidana Lukai 71 Lainnya

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 30 November 2020 - 21:48:00 WIB
Gara-Gara Covid, Sipir Tembak Mati 8 Narapidana Lukai 71 Lainnya
Ilustrasi penjara. (Foto: Ist.)

KOLOMBO, iNews.id – Sejumlah sipir di Sri Lanka menembak mati delapan narapidana dan melukai setidaknya 71 lainnya. Penembakan itu berlangsung dalam kerusuhan yang dipicu oleh kemarahan para napi atas meningkatnya infeksi virus corona (Covid) di lingkungan penjara.

Beberapa penjara Sri Lanka mengalami kerusuhan selama berminggu-minggu belakangan. Ini lantaran jumlah kasus Covid-19 yang melonjak dan pihak berwenang setempat melarang kunjungan keluarga dan kerabat ke penjara.

Dua narapidana meninggal karena Covid di Sri Lanka. Sementara itu, ada lebih dari 1.200 sipir dan narapidana terinfeksi virus corona, kata para pejabat.

Narapidana di Penjara Mahara yang berada di luar Ibu Kota Kolombo bentrok dengan sipir hingga Minggu (29/11/2020) malam setelah membakar dapur dan blok administrasi. Para napi juga menyandera dua sipir di penjara yang memiliki tingkat keamanan tinggi itu, kata penduduk dan polisi setempat.

Pada Senin (30/11/2020) ini, tembakan terdengar ketika 800 anggota pasukan keamanan—termasuk sekitar 200 polisi—merebut kembali kendali atas penjara itu.

Menteri Reformasi Penjara Sri Lanka, Sudarshini Fernandopulle mengatakan, pemerintah tidak punya pilihan selain melepaskan tembakan untuk mencegah lolosnya para tahanan. “Sayangnya, delapan narapidana tewas,” kata Fernandopulle kepada parlemen, dikutip AFP.

“Otoritas penjara telah masuk dan mengambil kendali penuh, tetapi para narapidana menyebabkan kerusakan parah pada properti,” ucapnya.

Sumber medis Sri Lanka mengatakan, ada 71 narapidana dirawat di Rumah Sakit Ragama, RS yang berada paling di dekat dengan lokasi insiden. Sebagian besar dari mereka mengalami luka tembak.

Editor : Ahmad Islamy Jamil