Gara-Gara Temuan 1 Kasus Covid, Selandia Baru Lockdown

Ahmad Islamy Jamil · Selasa, 17 Agustus 2021 - 14:48:00 WIB
Gara-Gara Temuan 1 Kasus Covid, Selandia Baru Lockdown
Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern. (Foto: Dok.)

WELLINGTON, iNews.id Selandia Baru bakal menerapkan lockdown atau karantina wilayah secara nasional, menyusul temuan 1 kasus baru Covid di kota terbesar di negara itu, Auckland. Kasus infeksi virus corona itu adalah yang pertama kali ditemukan di negeri kiwi sejak enam bulan terakhir.

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern mengumumkan, seluruh negaranya akan dikunci selama tiga hari mulai Rabu (18/7/2021) besok. Sementara itu, khusus Auckland dan Coromandel (sebuah kota pesisir tempat pasien Covid yang bersangkutan pernah menghabiskan waktu), akan di-lockdown selama tujuh hari.

Selama lockdown, Pemerintah Selandia Baru menerapkan aturan penguncian level 4 alias yang paling ketat. Sekolah, kantor, dan semua unit bisnis akan ditutup. Hanya layanan-layanan penting yang tetap diizinkan beroperasi.

“Hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk keluar dari ini secepat mungkin adalah bekerja keras,” kata Ardern dalam konferensi pers, dikutip Reuters, Selasa (17/8/2021).

“Kami telah membuat keputusan atas dasar bahwa lebih baik memulai dari yang tinggi dan turun daripada (kasus yang rendah, (tapi)... melihatnya (wabah) bergerak cepat,” ujarnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: