Gempa Bermagnitudo 4,7 Guncang China, Getaran Dirasakan di Beijing

Anton Suhartono ยท Minggu, 12 Juli 2020 - 11:11 WIB
Gempa Bermagnitudo 4,7 Guncang China, Getaran Dirasakan di Beijing

Gempa bumi M4,7 mengguncang China, getarannya dirasakan hingga Beijing (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - Gemba bumi bermagnitudo 4,7 mengguncang Kota Tangshan, China, Minggu (12/7/2020). Getarannga juga dirasakan di Beijing yang berjarak 200 kilometer dari titik pusat gempa.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), seperti dikutip dari AFP, menyatakan, gempa terjadi pukul 06.38 waktu setempat, dengan titik pusat di distrik pinggiran kota.

Sementara itu otoritas seismologi China mencatat gempa bermagnitudo 5,1 dengan kedalaman 10 kilometer.

Sejauh ini belum ada laporan kerusakan maupun korban. Kantor berita Xinhua melaporkan, perjalanan kereta penumpang yang melalui lokasi gempa ditangguhkan sambil menunggu pemeriksaan infrastruktur oleh otoritas perkeretaapian.

Gempa kali ini mengingatkan peristiwa serupa dengan kekuatan dahsyat yakni M7,8 pada 28 Juli 1976. Setelah 15 jam, kota tersebut kembali diluluhlantakkan dengan gempa susulan bermagnitudo 7,1.

Otoritas China menyebut, sebanyak 240.000 orang tewas dalam peristiwa tesebut. Namun banyak pihak yakin jumlahnya di atas angka tersebut karena ditutupi pemerintah dengan alasan politis.

Seorang warga menceritakan gempa terbaru ini mengingatkannya dengan kejadian 34 tahun silam.

"Saya masih agak takut. Bagaimanapun, ini gempa M5,1. Saya berusia 12 tahun saat gempa bumi Tangshan pada 1976,” kata seorang warga yang juga resepsionis Hotel Tangjiashanhe.

Editor : Anton Suhartono