Gempa Bumi M8,2 di Alaska, Peringatan Ancaman Tsunami Dicabut

Umaya Khusniah · Kamis, 29 Juli 2021 - 19:45:00 WIB
Gempa Bumi M8,2 di Alaska, Peringatan Ancaman Tsunami Dicabut
Gempa bumi dengan magnitudo 8,2 yang selanjutnya direvisi menjadi 7,3 mengguncang Alaska. (Foto: Pixabay)

ANCHORAGE, iNews.id - Peringatan tsunami untuk Alaska dan seluruh Pasifik setelah gempa bumi M8,2 yang direvisi menjadi M7,3 pada Rabu (28/7/2021) malam waktu setempat telah dicabut. Hingga saat ini, belum ada laporan korban jiwa atau kerusakan akibat gempa ini. 

Dilansir dari Reuters, Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS (NTWC) menyatakan, gelombang tsunami kecil berukuran di bawah satu kaki atau sekitar 0,3 meter di atas permukaan air pasang terjadi di Sand Point, Old Harbor, King Cove, Kodiak, Unalaska, dan Alitak Bay, di Alaska. 

Pasca-gempa, masyarakat di pesisir Alaska sempat dievakuasi. Salah satunya mereka yang tinggal di Seward di Semenanjung Kenai, selatan Anchorage. Di lokasi tersbeut sebelumnya, sirene meraung dan penduduk diperintahkan pindah ke tempat yang lebih tinggi.

Survei Geologi AS (USGS) mengatakan gempa terjadi pukul 22.15 malam waktu setempat. Kedalaman gempa 35 kilometer. Gempa melanda sekitar 91 kilometr timur-tenggara Perryville, sekitar 800 kilometer dari Anchorage, kota terbesar Alaska.

Koordinator peringatan tsunami dengan NTWC, Dave Snider mengatakan, negara bagian California, Oregon dan Washington di AS dan provinsi British Columbia di Kanada diperkirakan tidak akan merasakan ancaman tsunami yang signifikan.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2