Gempa Ketiga M8,1 di Selandia Baru Berpotensi Tsunami, Ribuan Warga Dievakuasi

Djairan ยท Jumat, 05 Maret 2021 - 07:03:00 WIB
Gempa Ketiga M8,1 di Selandia Baru Berpotensi Tsunami, Ribuan Warga Dievakuasi
Ilustrasi gempa. (Foto: Ist.)

WELLINGTON, iNews.id – Sirene peringatan tsunami dibunyikan di Selandia Baru, Jumat (5/3/2021) dini hari. Ribuan warga di pantai timur North Island (Pulau Utara) pun dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi setelah gempa susulan ketiga mengguncang wilayah tersebut.

Gempa ketiga bermagnitudo 8,1 mengguncang Kepulauan Kermadec, timur laut North Island, dini hari. Ini terjadi tak lama setelah gempa kedua bermagnitudo 7,4 di wilayah yang sama. 

Sebelumnya, gempa bumi bermagnitudo 7,2 melanda sekitar 900 kilometer di sebelah timur North Island, atau bermagnitudo 6,9 menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). Tidak ada laporan kerusakan atau korban jiwa akibat gempa.

Baik pekerja, pelajar, dan penduduk lainnya di daerah seperti Northland dan Bay of Plenty diungsikan dengan dibantu oleh petugas pertahanan sipil, setelah pihak berwenang mengatakan gelombang tsunami bisa mencapai 3 meter di atas permukaan air pasang.

Badan Manajemen Darurat Nasional Selandia Baru (NEMA) mengantisipasi, gelombang pertama tsunami bisa tiba di pantai utara Selandia Baru sekitar pukul 09:45. Daerah yang terancam mulai dari Bay of Islands hingga ke Whangarei, dari Matata hingga ke Teluk Tolaga termasuk Whakatane, Opotiki dan Great Barrier Island.

“Kami ingin semua orang menanggapi ancaman ini dengan serius. Pergilah ke tempat yang tinggi,” kata Walikota Whangarei, Sheryl Mai, dikutip Reuters, Jumat (5/3/2021).

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2