Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Mindanao Filipina

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 06:14 WIB
Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Mindanao Filipina

Gempa bumi magnitudo 6,4 mengguncang Mindanao, Filipina, Minggu (1/8/2020). (Foto: Ist)

MANILA, iNews.idGempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 melanda Mindanao, Filipina, pada kedalaman 473 kilometer, Minggu (2/8/2020) pukul 01.00 dini hari WIB. Gempa itu terekam dalam data Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC).

Sebuah laporan awal, yang kemudian direvisi, menyebutkan besarnya gempa itu bermagnitudo 6,3. Tidak ada laporan segera tentang korban luka ataupun kerusakan akibat gejala alam itu.

Badan Vulkanologi Filipina mengatakan, mereka memperi kerusakan dan gempa susulan, tetapi tidak ada ancaman tsunami karena sifat dari gempanya tektonik dan berada dekat pantai (bukan di tengah laut). Selain itu, pusat gempa juga terbilang cukup dalam.

“Tidak ada ancaman tsunami yang merusak berdasarkan data yang tersedia,” demikian laporan Institute of Volcanology and Seismology Filipina, dikutip Reuters, Minggu (2/8/2020).

Provinsi Sarangani yang berada di pesisir selatan Filipina mencatat intensitas dua kali gempa, sedangkan kota-kota di Cotabato Selatan mencatat intensitas satu kali gempa, ungkap badan tersebut.

Wilayah tersebut dihuni oleh 1,2 juta penduduk, atau sekitar 1 persen dari total populasi Filipina, menurut data dari badan statistik setempat.

Editor : Ahmad Islamy Jamil