3 Tentara Filipina dan 6 Anggota Kelompok Abu Sayyaf Tewas dalam Baku Tembak

Anton Suhartono ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 13:29 WIB
3 Tentara Filipina dan 6 Anggota Kelompok Abu Sayyaf Tewas dalam Baku Tembak

Tiga tentara Filipina dan enam anggota kelompok Abu Sayyaf tewas dalam baku tembak di Jolo (Foto: AFP)

MANILA, iNews.id - Baku tembak antara militer Filipina dengan kelompok Sayyaf, Jumat (31/7/2020), menewaskan sembilan orang, yakni tiga tentara dan enam militan. Selain itu tiga tentara mengalami luka.

Juru bicara militer regional Arvin Encinas, dikutip dari DPA, Sabtu (1/8/2020), mengatakan, pertempuran terjadi di Kota Patikul, Pulau Jolo, sekitar 1.000 kilometer sebelah selatan Manila.

Tentara sedang melakukan patroli rutin saat tiba-tiba ditembaki oleh kelompok Abu Sayyaf yang jumlahnya tidak diketahui.

Kelompok militan melarikan diri dari lokasi setelah 40 menit pertempuran. Pasukan tambahan dikirim untuk memburu kelompok militan.

Sementara itu tentara yang tewas dan luka dilarikan ke rumah sakit setempat. Petugas juga menemukan enam pelaku serangan yang tewas.

Komandan Satuan Gabungan Sulu Corleto Vinluan mengatakan, hingga Sabtu pasukan masih memburu kelompok Abu Sayyaf yang terlibat serangan.

Kelompok Abu Sayyaf dipersalahkan atas beberapa serangan mematikan di negara itu. Mereka juga bertanggung jawab atas serangkaian penculikan terhadap warga asing dengan tujuan meminta tebusan.

Editor : Anton Suhartono