Presiden Filipina Duterte Sarankan Warga Cuci Masker Pakai Bensin untuk Hindari Covid-19

Anton Suhartono ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 10:35 WIB
Presiden Filipina Duterte Sarankan Warga Cuci Masker Pakai Bensin untuk Hindari Covid-19

Rodrigo Duterte (Foto: AFP)

MANILA, iNews.id - Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyampaikan pernyataan kontroverial dengan menyarankan warganya membersihkan masker menggunakan bensin. Dia menegaskan pernyataan itu bukan lelucon.

Pekan lalu Duterte juga mengusulkan hal serupa. Warga bisa memanfaatkan bensin untuk membersihkan masker jika tidak ada pembersih lain.

"Apa yang saya katakan itu benar. Pergi saja ke pom bensin lalu minum beberapa tetes, itu desinfektan," kata Duterte, dalam pidato di stasiun televisi, Jumat (31/7/2020) malam.

"Saya tidak bercanda, itu benar. Anda kira saya bercanda," ujarnya, menegaskan.

Filipina memberlakukan aturan wajib menggunakan masker di tempat umum sejak Maret.

Sementara itu para ahli medis menegaskan tips membersihkan masker menggunakan bensin tidak direkomendasikan.

"Anda tidak dapat menggunakan bensin sebagai disinfektan. Menghirupnya saja dapat menyebabkan bahaya dan dapat menyebabkan lebih banyak masalah seperti penyakit pernapasan," kata Presiden Asosiasi Medis Filipina, Jose Santiago.

Pakar kesehatan merekomendasikan penggunaan sabun dan air untuk membersihkan masker terbuat dari kain sehingga dapat digunakan kembali.

Duterte mengeluarkan pernyataan itu saat mengumumkan perpanjangan lockdown demi mencegah penyebaran Covid-19. Dia berjanji kondisi akan kembali normal pada Desember.

Filipina hingga Jumat mengonfirmasi hampir 90.000 kasus infeksi virus corona, lebih dari 2.000 di antaranya meninggal dunia. Jumlah kasus Covid-19 di Filipina telah melampaui China.

Editor : Anton Suhartono