Giliran India Kirim 4 Kapal Perang ke Laut China Selatan

Anton Suhartono ยท Rabu, 04 Agustus 2021 - 15:26:00 WIB
Giliran India Kirim 4 Kapal Perang ke Laut China Selatan
India mengirim 4 kapal perang ke Laut China Selatan untuk misi selama 2 bulan (Foto: Reuters)

NEW DELHI, iNews.id - India menyusul beberapa negara Barat dengan mengirim kapal perang ke Laut China Selatan. Ini merupakan sinyal India ingin memainkan peran lebih untuk melawan pengaruh China di kawasan. 

Angkatan Laut (AL) India dalam pernyataan, Rabu (4/8/2021), mengungkap, empat armada tempur, termasuk kapal perusak berpeluru kendali dan fregat, akan menjalankan misi selama 2 bulan di Laut China Selatan, termasuk Asia Tenggara dan Pasifik mulai Agustus.

"Pengerahan kapal Angkatan Laut India untuk menggarisbawahi jangkauan operasional, kehadiran damai dan solidaritas dengan negara-negara sahabat untuk memastikan ketertiban dalam domain maritim," bunyi pernyataan, dikutip dari Reuters.

Armada AL India juga akan ambil bagian dalam latihan perang tahunan bersama AS, Jepang, dan Australia di lepas pantai Guam.

Keempat negara itu membentuk Quad, kelompok informal yang digagas pemerintahan Presiden AS Joe Biden sebagai upaya melawan pengaruh China.

"Inisiatif maritim ini meningkatkan sinergi dan koordinasi antara Angkatan Laut India dan negara-negara sahabat, berdasarkan kepentingan maritim bersama serta komitmen terhadap kebebasan navigasi laut," demikian isi pernyataan.

Selain Amerika Serikat, beberapa negara seperti Inggris, Prancis, Australia, Selandia Baru, dan Jerman juga telah dan akan mengirim armada ke Laut China Selatan serta Pasifik.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2