Giliran Malaysia yang Melarang Film Animasi Abominable

Anton Suhartono ยท Senin, 21 Oktober 2019 - 10:48 WIB
Giliran Malaysia yang Melarang Film Animasi Abominable

Malaysia melarang penayangan film Abominable (Foto: AFP)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Gelombang penolakan film animasi Abominable terus berlanjut. Setelah Vietnam dan Filipina, giliran Malaysia yang melarang pemutaran film animasi produksi DreamWorks dan Pearl Studio ini.

Abominable memicu kontroversi karena di dalamnya menunjukkan peta Laut China Selatan yang diklaim oleh China. Di peta tersebut jelas terlihat sembilan garis putus-putus berbentuk 'U' menunjukkan batas wilayah yang diklaim China. Padahal wilayah perairan itu masih disengketakan termasuk oleh Vietnam, Filipiina, dan Malaysia.

Baca Juga: Vietnam Larang Film Animasi Abominable Gara-Gara Peta Laut China Selatan

Otoritas Malaysia sebenarnya masih membolehkan film Abominable ditayangkan jika bagian yang menunjukkan peta Laut China Selatan itu disensor.

(Sepenggal adegan film Abominable yang menayangkan peta Laut China Selatan dengan sembilan garus putus-putus/Universal Studios)

Kepala badan sensor film Malaysia Mohamad Zamberi Abdul Aziz mengatakan, film ini sedianya dirilis pada 7 November 2019.

"Universal (Studios) memutuskan tidak memotong bagian yang diminta oleh lembaga sensor film Malaysia, karena itu film ini tak dapat dirilis di Malaysia," bunyi pernyataan United International Pictures Malaysia, dikutip dari AFP, Senin (21/10/2019).

Baca Juga: Menlu Filipina Serukan Warganya Boikot Film Animasi Abominable

Abominable bercerita tentang seorang anak remaja perempuan yang membantu seekor yeti pulang ke habitatnya di Gunung Everest.

Pencantuman sembilan garis putus-putus yang menunjukkan seolah-olah Laut China Selatan milik China diprotes sejak lama, terutama oleh negara sebagian negara Asia Tenggara.


Editor : Anton Suhartono