Gubernur Florida Sebut Amerika Serikat Republik Pisang usai Rumah Trump Digerebek FBI

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 09 Agustus 2022 - 13:12:00 WIB
Gubernur Florida Sebut Amerika Serikat Republik Pisang usai Rumah Trump Digerebek FBI
Bendera Amerika Serikat (ilustrasi). (Foto: Reuters)

TALLAHASSEE, iNews.id – Penggerebekan rumah mantan Presiden AS Donald Trump di Mar-A-Lago, Palm Beach, Florida, menuai kecaman dari gubernur setempat, Ron DeSantis. Dia pun menyebut Amerika Serikat tak ubahnya “republik pisang”.

“Serangan terhadap MAL (Mar-A-Lago) adalah eskalasi lain dalam mempersenjatai agen federal (FBI) terhadap lawan politik rezim,... Republik Pisang,” tulis DeSantis di Twitter.

Republik pisang adalah ungkapan dalam dunia politik yang ditujukan untuk menggambarkan sebuah negara dengan situasi politik yang tidak stabil. Istilah itu juga disematkan kepada negara yang ekonominya dikuasai oleh oligarki politik-ekonomi.

Tak hanya itu, DeSantis juga menyinggung lunaknya perlakuan aparat hukum AS terhadap Hunter Biden dalam kasus dugaan penggelapan pajak yang mendera putra Presiden Joe Biden itu.

Hunter Biden memang kerap menjadi sasaran kampanye negatif Trump dan para pendukungnya pada Pilpres AS 2020. Mereka melontarkan tuduhan korupsi terkait pekerjaan Hunter di Ukraina pada saat ayahnya menjabat sebagai wakil presiden, dan memimpin urusan pemerintahan Obama dengan negara Eropa Timur itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda