Rumah Donald Trump Digerebek FBI, Diduga terkait Dokumen Rahasia Negara

Ahmad Islamy Jamil · Selasa, 09 Agustus 2022 - 09:01:00 WIB
Rumah Donald Trump Digerebek FBI, Diduga terkait Dokumen Rahasia Negara
Mantan Presiden AS, Donald Trump. (Foto: AP)

WASHINGTON DC, iNews.id – Sejumlah agen Biro Investigasi Federal AS (FBI) menggerebek rumah mantan Presiden Donald Trump di Palm Beach, Florida, Senin (8/8/2022) waktu setempat. Media Amerika menyebut penggerebekan itu berkaitan dengan penghilangan catatan resmi Trump semasa masih menjabat kepala negara.

Kantor berita Reuters, dengan mengutip salah satu sumber yang mengetahui masalah tersebut melansir, Departemen Kehakiman AS telah meluncurkan penyelidikan tahap awal terhadap kasus itu. Kabar tentang investigasi itu sudah beredar sejak April lalu.

Penyelidikan tersebut dilakukan setelah Lembaga Arsip dan Catatan Nasional AS pada Februari lalu memberi tahu Kongres AS bahwa mereka telah menemukan sekitar 15 kotak dokumen Gedung Putih dari rumah Trump di Florida. Beberapa di antaranya berisi materi rahasia.

Komite Pengawasan DPR AS pada waktu itu mengumumkan akan memperluas penyelidikan atas tindakan Trump. Mereka juga meminta Lembaga Arsip dan Catatan Nasional AS untuk menyerahkan informasi tambahan.

Menurut The New York Times, dengan mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut, pencarian FBI di rumah Trump difokuskan pada materi atau dokumen yang diduga dibawa Trump saat meninggalkan Gedung Putih.

Trump sebelumnya mengonfirmasi bahwa dia telah setuju untuk mengembalikan catatan tertentu ke arsip negara. Politikus Partai Republik itu pun menyebut hal tersebut sebagai “proses yang biasa dan rutin”.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda