Gugatan Pilpres AS Ditolak, Desakan agar Donald Trump Akui Kekalahan Menguat

Anton Suhartono ยท Minggu, 22 November 2020 - 13:19:00 WIB
Gugatan Pilpres AS Ditolak, Desakan agar Donald Trump Akui Kekalahan Menguat
Donald Trump didesak akui kekalahan dalam pilpres AS 2020 (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Desakan agar Donald Trump mengakui kekalahan dalam pilpres Amerika Serikat menguat setelah gugatan demi gugatan kecurangan di beberapa bagian ditolak hakim.

Teranyar, pengadilan Distrik AS Pennsylvania menolak gugatan tim kampanye soal dugaan kecurangan.

Tekanan tidak hanya datang dari luar, melainkan internal Partai Republik. Mereka menyarankan Trump untuk menghentikan upaya hukum.

Sejak Biden dinyatakan sebagai pemenang pilpres AS 2 pekan lalu, Trump meluncurkan rentetan gugatan hukum serta menekan negara bagian untuk tidak mengesahkan penghitungan suara pilpres AS 2020.

Namun sejauh ini upaya untuk menggagalkan sertifikasi hasil penghitungan gagal di pengadilan Georgia, Michigan, dan Arizona.

Kegagalan mencapai puncaknya setelah pada Sabtu (21/11/2020), hakim federal Matthew Brann, seorang Republik yang dinominasikan mantan presiden Barack Obama, menolak upaya serupa di Pennsylvania.

Menurut Brann, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (22/11/2020), gugatan yang diajukan Trump mengandung argumen hukum tanpa dasar dan tuduhannya spekulatif. Namun jika gugatan berhasil, Biden bisa kehilangan 81.000 suara yang artinya kemenangan di pihak Trump.


Editor : Anton Suhartono