Hadapi Ancaman China, Taiwan Mulai Produksi Massal Rudal Jarak Jauh

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 25 Maret 2021 - 16:04:00 WIB
Hadapi Ancaman China, Taiwan Mulai Produksi Massal Rudal Jarak Jauh
Ilustrasi rudal jarak jauh. (Foto: AFP)

TAIPEI, iNews.idTaiwan mulai memproduksi massal rudal jarak jauh dan sedang mengembangkan tiga model lainnya. Hal itu diungkapkan seorang pejabat senior negara itu, Kamis (25/3/2021).

Pengakuan itu muncul di saat Taiwan terus berupaya mengembangkan kapasitas pertahanan di tengah meningkatnya tekanan dari China di kawasan. 

Beijing selalu mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayah Tiongkok. Belakangan ini, tentara negeri tirai bambu pun makin gencar menggelar aktivitas militer di dekat Taiwan, mencoba memaksa negara pulau itu menerima klaim kedaulatan Beijing.

Angkatan Bersenjata Taiwan menjalankan program modernisasi untuk mendapatkan langkah pencegahan yang lebih efektif. Termasuk di antaranya kemampuan untuk menyerang balik pangkalan yang berada jauh di dalam China daratan, jika sewaktu-waktu terjadi konflik.

Wakil Direktur Institut Sains dan Teknologi Nasional Chung-Shan, Leng Chin Hsu menyebutkan, satu rudal jarak jauh berbasis darat telah mulai diproduksi. Sementara, tiga rudal jarak jauh lainnya sedang dalam pengembangan.

Akan tetapi, Leng enggan membeberkan perincian tentang seberapa jauh jangkauan rudal itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2