Hamas: Pencaplokan Tepi Barat oleh Israel adalah Deklarasi Perang terhadap Palestina

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 21:02:00 WIB
Hamas: Pencaplokan Tepi Barat oleh Israel adalah Deklarasi Perang terhadap Palestina
Seorang pemuda mengibarkan bendera Palestina di wilayah konflik. (Foto: AFP)

GAZA CITY, iNews.id – Partai politik yang berkuasa di Jalur Gaza, Hamas, memperingatkan bahwa rencana aneksasi Israel atas sejumlah wilayah Tepi Barat akan menjadi deklarasi perang terhadap Palestina.

“Kami menganggap keputusan (Israel) untuk mencaplok Tepi Barat dan Lembah Yordan sebagai deklarasi perang terhadap rakyat kami,” kata juru bicara organisasi sayap militer Hamas, Abu Ubaidah, dikutip AFP, Kamis (25/6/2020).

Peringatan itu muncul hanya beberapa hari sebelum Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa pihaknya akan mulai menganeksasi Tepi Barat. Padahal, rencana Netenyahu itu telah ditentang oleh PBB dan juga kekuatan politik di kawasan, yakni negara-negara Arab.

Rencana pencaplokan tanah Tepi Barat dan Lembah Yordan oleh Israel menjadi bagian dari proposal perdamaian yang dibuat AS dan diterbitkan pada Januari lalu. Proposal yang juga dikenal dengan sebutan Kesepakatan Abad Ini (Deal of the Century) itu hanya menguntungkan Israel dalam banyak hal.

Usulan tersebut memproyeksikan wilayah Negara Palestina hanya pada sisa wilayah Tepi Barat ditambah dengan Jalur Gaza.

Hamas dan Israel telah terlibat dalam tiga perang dalam beberapa tahun terakhir. Adapun konflik terbaru kedua kubu berlangsung pada 2014 yang menewaskan 2.251 warga Palestina dan 74 orang di pihak Israel.

Editor : Ahmad Islamy Jamil