Hasil Studi Malaysia Akui Vaksin Sinovac Sangat Efektif Lawan Penyakit Serius

Ahmad Islamy Jamil · Jumat, 24 September 2021 - 15:19:00 WIB
Hasil Studi Malaysia Akui Vaksin Sinovac Sangat Efektif Lawan Penyakit Serius
Vaksin Covid buatan Sinovac sangat efektif melawan penyakit serius, menurut sebuah studi di Malaysia. (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR, iNews.id – Vaksin Covid-19 Coronavac buatan Sinovac sangat efektif melawan penyakit serius. Kesimpulan itu diperoleh lewat sebuah studi besar yang dilakukan di Malaysia, belum lama ini.

Data terbaru itu menjadi angin segar bagi perusahaan asal China, Sinovac Biotech Ltd, selaku produsen vaksin Coronavac. Pasalnya, vaksin mereka itu belakangan semakin diawasi efektivitasnya menyusul laporan kejadian infeksi virus corona di kalangan tenaga kesehatan yang telah diimunisasi penuh dengan dua dosis Coronavac di Indonesia dan Thailand.

Studi yang dilakukan oleh Pemerintah Malaysia menemukan bahwa 0,011 persen dari sekitar 7,2 juta penerima vaksin Sinovac memerlukan perawatan di unit perawatan intensif (ICU) karena infeksi Covid-19.

Sementara, ada 0,002 persen dari sekitar 6,5 juta penerima vaksin Pfizer/BioNTech membutuhkan perawatan ICU karena infeksi Covid-19. Berikutnya, ada 0,001 persen dari 744.958 penerima vaksin AstraZeneca membutuhkan perawatan serupa.

Direktur di Institute for Clinical Research, Kalaiarasu Peariasamy, yang melakukan penelitian bersama dengan Gugus Tugas Covid-19 Malaysia, mengatakan bahwa vaksinasi (terlepas dari merek yang digunakan) terbukti mampu mengurangi risiko masuk ICU sebesar 83 persen. Vaksinasi juga menurunkan risiko kematian sebesar 88 persen, berdasarkan hasil penelitian dengan sampel lebih kecil yang melibatkan sekitar 1,26 juta orang.

“Tingkat terobosan untuk penerimaan unit perawatan intensif sangat rendah,” katanya, dikutip Reuters, Jumat (24/9/2021).

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: