Heboh Minuman Ringan Bikin Hasil Positif Palsu Tes Covid, Cara Baru Siswa Bolos Sekolah

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 08 Juli 2021 - 15:36:00 WIB
Heboh Minuman Ringan Bikin Hasil Positif Palsu Tes Covid, Cara Baru Siswa Bolos Sekolah
Ilustrasi tes swab antigen untuk pendeteksian awal Covid-19. (Foto: ANTARA)

LIVERPOOL, iNews.id – Publik dihebohkan dengan ulah sejumlah siswa di Inggris menggunakan berbagai minuman ringan untuk mendapatkan hasil positif pada tes Covid. Tujuan anak-anak itu hanya satu, yakni agar mereka bisa bolos atau diliburkan oleh pihak sekolah.

Ulah licik anak-anak itu kemudian mendorong para peneliti di University of Liverpool untuk mempelajari efek penerapan minuman ringan dan pemanis buatan pada tes swab atau tes usap Covid-19. 

Alhasil, 10 dari 14 minuman ringan yang diuji ternyata memberikan hasil positif atau positif lemah pada tes Covid itu. Sementara, empat minuman lainnya menunjukkan hasil negatif. 

Atas temuan tersebut, para peneliti pun memperingatkan pihak sekolah dan kelompok-kelompok lain untuk mewaspadai kemungkinan munculnya hasil positif palsu pada tes Covid setelah mengonsumsi minuman ringan tertentu.

Namun, masih belum diketahui secara pasti apa hubungan antara hasil tes dan bahan minuman ringan yang diuji tersebut. Para peneliti telah melaporkan hasil studi mereka di laman medRxiv, Senin (5/7/2021) lalu, menjelang tinjauan oleh sejawat (peer review).

Pada pekan pertama Juli ini, video yang diunggah ke media sosial dengan tagar #fakecovidtest menunjukkan sejumlah remaja mempraktikkan berbagai cairan untuk tes cepat antigen Covid-19. Sampai hari ini, video tersebut telah mendulang jutaaan penayangan, menurut laporan media.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: