Sindikat Vaksin Covid Palsu Ditangkap setelah Suntikkan Air Garam ke 2.000 Warga

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 06 Juli 2021 - 21:29:00 WIB
Sindikat Vaksin Covid Palsu Ditangkap setelah Suntikkan Air Garam ke 2.000 Warga
Ilustrasi vaksinasi. (Foto: Ist.)

MUMBAI, iNews.id – Pihak berwenang di India menangkap 14 tersangka penipuan yang terlibat dalam peredaran vaksin Covid palsu. Mereka diduga telah menyebabkan sedikitnya 2.000 orang disuntik dengan vaksin yang sebenarnya hanya berupa air garam di Mumbai. 

New York Times pada Minggu (4/7/2021) melaporkan, aparat juga menyita sekitar 20.000 dolar AS dari para tersangka—yang beberapa di antaranya adalah tenaga medis profesional. Sementara satu tersangka sampai kini masih buron, menurut pihak berwenang.

Penduduk di kawasan Kandivali, Mumbai—yang menjadi korban komplotan itu—mengatakan kepada India Today bahwa mereka telah membayar sekitar 17 dolar AS kepada tersangka pada Mei lalu. Uang itu sebagai harga untuk mendapatkan dosis Covidshield (vaksin corona AstraZeneca versi buatan India) di posko vaksinasi di daerah tersebut..

Namun, kecurigaan muncul ketika tidak ada gejala pascavaksinasi yang dilaporkan oleh satu pun dari orang-orang yang menerima suntikan dosis itu.

Pengadilan Tinggi Bombay telah membuka persidangan kasus itu. “Ada 2.053 orang yang telah menerima suntikan vaksin palsu itu,” kata jaksa penuntut umum (JPU) Deepak Thakare, dikutip Alarabiyah, Selasa (6/7/2021).

Dia menuturkan, polisi saat ini masih berusaha melacak orang-orang lain yang terlibat dalam penipuan tersebut. “Sangat mengejutkan bahwa insiden vaksinasi palsu kini sedang marak,” kata pengadilan.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda