Hendak ke Italia, 52 Imigran Tewas Tenggelam di Perairan Tunisia

Anton Suhartono ยท Jumat, 12 Juni 2020 - 09:31 WIB
Hendak ke Italia, 52 Imigran Tewas Tenggelam di Perairan Tunisia

52 imigran tewas tenggelam di Tunisia (Foto: AFP)

TUNIS, iNews.id - Lebih dari 50 imigran tewas tengelam setelah perahu yang mereka naiki tenggelam di lepas pantai Tunisia.

Kementerian Kesehatan Tunisia menyatakan, 17 korban ditemukan lagi pada Kamis (11/6/2020) setelah perahu tenggelam pada Selasa lalu di lepas pantai Kota Stax.

Di antara korban tewas merupakan 24 perempuan. Para korban merupakan imigran ilegal dairi negara sub-Sahara yang berencana menuju Italia. Satu orang lagi masih dinyatakan hilang. Petugas mengerahkan kapal dan helikopter untuk mencari dan mengevakuasi para korban.

Kepala dinas kesehatan setempat Ali Ayadi mengatakan, sebagian korban dimakamkan di luar kota pada Kamis setelah petugas mengambil sampel DNA.

Kapten kapal, pria berusia 48 tahun asal Tunisia, termasuk di antara korban tewas.

Saksi mata mengatakan, perahu yang mengangkut 53 orang itu berangkat sejak pekan lalu. Belum bisa diapstikan siapa yang bertangung jawab dalam insiden ini.

Badan PBB yang mengurusi pengungsi UNHCR menyatakan antara Januari dan Mei 2020 keberangkatan imigran dari laut Tunisia ke Eropa meningkat empat kali lebih banyak dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Semakin banyak orang menyeberangi laut, berasal dari negara-negara Afrika Barat, diikuti Tunisia,” bunyi pernyataan.

Editor : Anton Suhartono