Hidup Makin Praktis, Lebih Separuh Orang Dewasa China Kelebihan Berat Badan

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 24 Desember 2020 - 14:27:00 WIB
Hidup Makin Praktis, Lebih Separuh Orang Dewasa China Kelebihan Berat Badan
Ilustrasi obesitas. (Foto: Pixabay)

BEIJING, iNews.id – Data resmi menunjukkan, lebih dari separuh orang dewasa di China saat ini mengalami kelebihan berat badan. Fakta itu muncul seiring dengan gaya hidup yang semakin tidak aktif di kalangan masyarakat kelas menengah yang terus berkembang di negara itu. 

China telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Kemajuan itu turut mengubah kebiasaan makan warganya secara radikal. Mereka yang tadinya terbiasa berjalan untuk membeli makanan sendiri, kini banyak beralih menggunakan aplikasi antar (delivery) daring alias online untuk mendapatkan pengisi perut.

Perkembangan teknologi itu membuat berbagai makanan murah dan kaya kalori tersedia untuk penduduk kota setiap saat. 
Komisi Kesehatan Nasional China pada Rabu (23/12/2020) melaporkan, lebih dari 50 persen orang di negara itu kelebihan berat badan. Ini adalah angka tertinggi terkait masalah berat badan penduduk yang dirilis lembaga tersebut untuk pertama kalinya.

Ada 16,4 persen orang dewasa di negeri tirai bambu dianggap obesitas. Proporsi itu hampir dua kali lipat dari 29 persen orang dewasa yang diklasifikasikan kelebihan berat badan atau obesitas di China pada 2002.

“Banyak orang dewasa kita berolahraga terlalu sedikit, serta memiliki jadwal kerja yang tidak sehat dan terlalu banyak tekanan,” kata ahli gizi di Kota Harbin China, Wang Dan, kepada AFP, Kamis (24/12/2020).

Anak-anak China juga semakin banyak yang memiliki berat badan berlebih. Laporan Komisi Kesehatan Nasional China mengungkapkan, saat ini ada 20 persen anak usia 6 hingga 17 tahun di China yang berat badannya melebih batas sehat. Jumlah itu meningkat sekitar 4 persen jika dibandingkan dengan pada 2012.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2