Hii, Pria Ini Meninggal akibat Amuba Pemakan Otak

Umaya Khusniah ยท Senin, 18 Juli 2022 - 12:54:00 WIB
Hii, Pria Ini Meninggal akibat Amuba Pemakan Otak
Amuba. (Foto: Getty Images/iStockphoto)

NEW YORK, iNews.id - Seorang pria meninggal setelah berenang di danau kawasan Iowa, Amerika Serikat (AS). Hasil diagnosis dokter mengejutkan, dia tewas terifeksi amuba pemakan otak dari danau, Naegleria fowleri.  

Pasien dari Missouri diyakini telah terinfeksi Naegleria fowleri setelah mengunjungi Danau Tiga Api di Taylor County, Iowa. Korban yang tak disebutkan namanya itu sempat dirawat di rumah sakit setelah berminggu-minggu terinfeksi. 

Hasil diagnosis dokter memicu petugas medis untuk meningkatkan kekhawatiran atas penyakit yang mengancam jiwa itu. Departemen Kesehatan dan Layanan Senior Missouri mengatakan kematian itu merupakan kasus pertama yang dikonfirmasi di negara bagian itu dalam 35 tahun.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), Naegleria merupakan amuba bersel tunggal yang dapat menyebabkan infeksi otak meningoensefalitis amuba primer. CDC menyatakan parasit itu dapat dideteksi di air tawar hangat termasuk danau, kolam, sungai, mata air panas dan tanah.

The Sun melaporkan, Naegleria fowleri menginfeksi manusia ketika air yang membawa amuba memasuki melalui hidung sebagai titik akses. Amuba itu berjalan ke otak dan merusak jaringan di sana.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda