HUT Ke-75 RI, Ini Isi Surat Presiden China Xi Jinping kepada Jokowi

Antara ยท Senin, 17 Agustus 2020 - 17:45 WIB
HUT Ke-75 RI, Ini Isi Surat Presiden China Xi Jinping kepada Jokowi

Presiden Jokowi (kiri) dan Presiden China Xi Jinping. (Foto: ANTARA)

JAKARTA, iNews.id – Presiden China Xi Jinping mengirimkan surat kepada Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Senin (17/8/2020). Surat itu berkaitan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT ke-75 RI).

Pengiriman surat itu diungkapkan Kedutaan Besar China di Jakarta melalui unggahan di laman Facebook resmi, dengan mengutip laporan yang disiarkan oleh China Radio International (CRI) pada hari ini.

“Xi Jinping, dalam suratnya, menyebut bahwa Tiongkok-Indonesia saat ini memelihara kecenderungan hubungan baik. Kedua pihak bersama-sama menanggulangi wabah Covid-19,” tulis Kedubes China.

Xi menyatakan, dia menaruh perhatian terhadap hubungan kedua negara. Dia mengatakan bersedia berupaya bersama Jokowi untuk sesegera mungkin mengalahkan pandemi Covid-19 dan memberikan kontribusi positif dalam bidang kesehatan dan kesejahteraan bagi rakyat, kata Kedubes menambahkan.

Sementara itu, melalui unggahan video pada laman Facebook yang sama, Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian juga menghaturkan ucapan selamat kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia atas momen peringatan kemerdekaan.

“Saya mengucapkan selamat paling hangat kepada pemerintah dan rakyat Indonesia. Dan menyampaikan harapan terbaik kepada semua teman Indonesia yang mendukung pengembangan hubungan Tiongkok-Indonesia,” kata Xiao dalam Bahasa Indonesia.

Xiao menyoroti pula peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan China pada tahun ini. Dengan berdiri di atas titik awal sejarah baru, kata dia, Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Indonesia untuk terus mendorong hubungan Kemitraan Strategis Komprehensif ke tingkat lebih tinggi.

Dalam unggahan video yang lain, Xiao bersama sejumlah diplomat China menyanyikan lagu keroncong Bengawan Solo sebagai bentuk apresiasi atas keberanian dan ketekunan rakyat kedua negara yang bergotong royong dalam melawan pandemi.

Editor : Ahmad Islamy Jamil