Ilmuwan Nuklir Iran Fakhrizadeh Dibunuh Pakai Senjata Khusus 1 Ton Selundupan dari Israel

Anton Suhartono ยท Kamis, 11 Februari 2021 - 06:06:00 WIB
Ilmuwan Nuklir Iran Fakhrizadeh Dibunuh Pakai Senjata Khusus 1 Ton Selundupan dari Israel
Mohsen Fakhrizadeh (Foto: AFP)

YERUSALEM, iNews.id - Ilmuwan nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh dibunuh pada November 2020 di dekat Ibu Kota Teheran menggunakan senjata khusus hasil selundupan dari Israel.

Laporan tabloid Inggris The Jewish Chronicle pada Rabu (10/2/2021) menyebutkan, senjata seberat 1 ton itu diselundupkan ke Iran dalam potongan kecil oleh agen intelijen Mossad

Tabloid mengungkap, berdasarkan keterangan sumber, tim yang terdiri lebih dari 20 agen intelijen, termasuk warga Israel dan Iran, membunuh Fakhrizadeh setelah mengawasinya selama 8 bulan.

Surat kabar tertua di dunia milik Yahudi itu melanjutkan, agen-agen Mossad memasang senjata otomatis tersebut di mobil pikap.

"Senjata pesanan khusus, dioperasikan dari jarak jauh oleh agen yang mengamati target, sangat berat karena di dalamnya ada bom untuk menghancurkan barang bukti setelah pembunuhan terjadi," kata Jewish Chronicle, sebagaimana dilaporkan kembali Reuters, Rabu (11/2/2021).

Disebutkan, serangan itu dilakukan oleh Israel tanpa keterlibatan Amerika Serikat, namun pejabat AS telah diberi tahu sebelumnya.

Terkait laporan media Inggris, Israel menolak berkomentar lebih jauh.

“Kami tidak pernah mengomentari masalah seperti itu. Tidak ada perubahan dalam posisi kami," kata seorang juru bicara pemerintah.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2