India Bangun Fasilitas Perawatan Darurat Pasien Covid-19 Terbesar di Dunia

Anton Suhartono ยท Rabu, 17 Juni 2020 - 15:48 WIB
India Bangun Fasilitas Perawatan Darurat Pasien Covid-19 Terbesar di Dunia

India membangun fasilitas perawatan pasien Covid-19 terbesar di dunia (Foto: Twitter)

NEW DELHI, iNews.id - Otoritas Delhi, India, menyulap hall raksasa menjadi fasilitas darurat untuk merawat pasien terinfeksi virus corona.

Penderita Covid-19 di India terus melonjak, menempatkan negara itu di posisi keempat kasus infeksi terbanyak di dunia.

Gedung Radha Saomi Spiritual Centre di Delhi Selatan yang memiliki 200 hall dialihfungsikan sebagai fasilitas Covid-19 dengan kapasitas 10.000 tempat tidur.

Ini menjadikan Radha Saomi Spiritual Centre sebagai fasilitas perawatan pasien Covid-19 terbesar di dunia.

Luas fasilitas tersebut setara dengan 22 kali lapangan sepak bola. Di tempat itu juga disediakan fasilitas atau akomodasi khusus bagi dokter dan petugas medis lainnya.

Pejabat pemerintah Raj Niwas mengatakan, setiap hall akan menampung 50 pasien.

Sementara itu pejabat lainnya menambahkan, fasilitas tersebut siap menerima pasien pada 30 Juni.

“Kompleks ini akan sepenuhnya siap merawaat pasien pada 30 Juni. Fasilitas  sedang dibangun dengan tenda dan akan dilengkapi pencahayaan dan kipas memadai. Pendingin juga dipasang di setiap hall,” kata dia, dikutip dari KT, Rabu (17/6/2020).

Menteri Kepala Delhi Arvind Kejriwal mengatakan, jajarannya akan terus membangun fasilitas darurat untuk merawat pasien Covid-19. Dalam sepekan mendatang, pemerintah menargetkan wilayahnya memiliki 200.000 tempat tidur untuk merawat pasien Covid-19.

Fasilitas baru akan dibuat di hotel-hotel, baik kecil maupun besar. Diperkirakan hotel-hotel di India dapat menyediakan 4.000 tempat tidur.

Delhi merupakan salah satu wilayah di India dengan kasus Covid-19 terbanyak. Sejauh ini wilayah itu mengonfirmasi 44.688 kasus virus corona, sebanyak 1.837 di antaranya meninggal.

Editor : Anton Suhartono