Indonesia Dinilai Perlu Tanggapi Kunjungan Pelosi ke Taiwan, Ini Alasannya

Antara ยท Rabu, 03 Agustus 2022 - 13:27:00 WIB
Indonesia Dinilai Perlu Tanggapi Kunjungan Pelosi ke Taiwan, Ini Alasannya
Ketua DPR AS Nancy Pelosi (kiri) dan Presiden Taiwan Tsai Ing Wen melambaikan tangan ke arah publik saat kunjungan Pelosi di Taipei, Rabu (3/8/2022). (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id – Indonesia, dalam hal ini Kementerian Luar Negeri RI, dinilai perlu membuat pernyataan resmi yang menyayangkan kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan. Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Prof Hikmahanto Juwana, melihat ada alasan penting di balik hal tersebut.

“Karena cepat atau lambat Indonesia akan terdampak oleh ketegangan antara AS dan China,” kata Hikmahanto dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Pelosi akhirnya mengunjungi Taiwan dan tiba di pulau itu pada Selasa (2/8/2022) malam. Padahal, Presiden China Xi Jin Ping telah memberi peringatan kepada Presiden AS Joe Biden terkait kunjungan tersebut. 

Menurut Hikmahanto, kunjungan Pelosi itu sudah dapat dipastikan akan memperuncing ketegangan antara China-AS. Situasi tersebut pada gilirannya dapat mengganggu stabilitas keamanan kawasan.

“Indonesia menyayangkan kunjungan tersebut karena tiga alasan,” ujarnya.

Pertama, Amerika Serikat tidak henti-hentinya melakukan provokasi di sejumlah kawasan dan terakhir di Eropa saat menyambut keinginan Ukraina untuk menjadi anggota baru NATO. Hikmahanto mengatakan, provokasi tersebut memunculkan kekhawatiran Rusia hingga negara itu melakukan operasi militer khusus ke Ukraina.

“Kedua, AS melakukan kebijakan luar negeri standar ganda,” kata akademikus yang juga rektor Universitas Jenderal Achmad Yani itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda