Indonesia Salurkan Bantuan Kemanusiaan Rp36,5 Miliar untuk Palestina

Antara ยท Kamis, 16 Juli 2020 - 20:49 WIB
Indonesia Salurkan Bantuan Kemanusiaan Rp36,5 Miliar untuk Palestina

Retno Marsudi (Foto: Kemlu RI)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Indonesia menyalurkan bantuan kemanusiaan sekitar Rp36,5 miliar untuk pengungsi Palestina yang sedang mengalami konflik dan pandemi virus corona.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, dana tersebut disalurkan kepada Pemerintah Palestina serta badan PBB urusan pengungsi Palestina, UNRWA, masing-masing sebesar 1 juta dolar AS atau sekitar Rp14,6 miliar, serta Palang Merah Internasional (ICRC) sebesar 500.000 dolar AS.

"Indonesia tidak saja terus memberikan dukungan politik terhadap Palestina, namun juga dukungan keuangan dan dukungan dalam bentuk lain, termasuk pemberian pengembangan kapasitas," kata Retno, dalam acara webinar yang diselenggarakan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kamis (16/7/2020).

Untuk program pengembangan kapasitas, lanjut Retno, Indonesia memberikan lebih dari 8 juta dolar AS dalam 1 dekade, mencakup 170 jenis pelatihan bagi 2.000 lebih warga Palestina.

"Terkait kemandirian ekonomi, Indonesia juga telah mengeluarkan kebijakan bebas pajak sebesar 0 persen bagi dua produk unggulan Palestina, yaitu kurma dan buah zaitun," ujarnya.

Sementara itu, terkait rencana pencaplokan wilayah Tepi Barat oleh Israel, DPR bekerja sama dengan pemerintah mengupayakan penggalangan suara parlemen dunia untuk menentang rencana tersebut.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua