Infeksi Covid-19 di India Tembus 2 Juta Kasus, Susul AS dan Brasil

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 07 Agustus 2020 - 14:23:00 WIB
Infeksi Covid-19 di India Tembus 2 Juta Kasus, Susul AS dan Brasil
Perdana Menteri India, Narendra Modi. (Foto: AFP)

NEW DELHI, iNews.id – Kejadian infeksi virus corona (Covid-19) yang dikonfirmasi di India per hari ini telah melampaui 2 juta kasus. Total itu diperoleh setelah otoritas setempat mencatat lonjakan harian lebih dari 60.000 kasus pada Jumat (7/8/2020).

Dengan begitu, raksasa Asia Selatan itu menjadi negara ketiga yang mencapai total kasus tersebut, setelah Amerika Serikat dan Brasil. Tingkat penyebaran infeksi di negara terpadat kedua di dunia itu juga tampaknya meningkat.

AFP melansir, kejadian infeksi Covid-19 di India menembus 1 juta kasus tiga minggu lalu. Kini, angka resmi menunjukkan bahwa negeri anak benua itu sekarang telah mencatat 2,03 juta kasus infeksi dan total 41.585 kematian akibat wabah virus corona.

Banyak ahli mengatakan jumlah kasus sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi. Apalagi, banyak di antara 1,3 miliar penduduk negara itu tinggal di sejumlah kota paling padat di dunia, seperti Mumbai dan New Delhi.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, memberlakukan salah satu karantina wilayah (lockdown) paling ketat di dunia pada akhir Maret lalu. Akan tetapi, begitu ekonomi terbesar ketiga di Asia itu terguncang, pembatasan tersebut terus dilonggarkan secara bertahap.

Sebuah penelitian pekan lalu yang menguji antibodi Covid-19 melaporkan sekitar 57 persen orang di daerah kumuh Mumbai yang padat telah terinfeksi virus itu. Angka itu jelas jauh lebih banyak daripada data resmi yang dirilis pemerintah.

Penelitian serupa sebelumnya pada Juli menunjukkan bahwa hampir seperempat orang di Ibu Kota New Delhi telah terjangkit virus corona. Angka itu hampir 40 kali lipat dari data resmi pemerintah.

Kematian akibat wabah dari China itu di India mungkin juga lebih tinggi dari angka resmi.

Editor : Ahmad Islamy Jamil