Inggris Catat Rekor 62.322 Kasus Covid Harian, 1.041 Kematian Tertinggi sejak April

Antara, Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 07 Januari 2021 - 11:28:00 WIB
Inggris Catat Rekor 62.322 Kasus Covid Harian, 1.041 Kematian Tertinggi sejak April
Petugas menyuntikkan vaksin Covid kepada warga di Inggris (ilustrasi). (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.idInggris mencatat lebih dari 1.041 kematian akibat Covid-19 dalam tempo 24 jam. Ini adalah pertama kalinya jumlah orang meninggal karena virus corona di negara itu berada di atas 1.000 kasus per hari sejak April lalu.

Selain kematian yang meningkat, empat negara di Inggris Raya juga mengonfirmasi 62.322 kasus baru Covid pada Rabu (6/1/2021), menurut data resmi. Itu adalah jumlah infeksi harian tertinggi yang dicatat Inggris sejak pandemi dimulai.

Angka tersebut menjadi penanda krisis yang parah di saat Inggris dan Skotlandia mulai menerapkan kembali karantina wilayah (lockdown) pekan ini. Di bawah kebijakan itu, warga diperintahkan untuk tetap berada di rumah.

Inggris menjadi salah satu negara yang mengalami pandemi Covid-19 terparah, dengan jumlah kematian tertinggi di Eropa.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengatakan, varian baru Covid-19 yang lebih menular yang pertama kali diidentifikasi di negaranya bisa menyebar dengan kecepatan tinggi. Karenanya, tindakan segera diperlukan untuk memperlambatnya. Saat ini, strain baru virus itu sudah hadir di banyak negara lain.

Dia menuturkan, sebagian besar negara kini bahkan sudah melakukan tindakan ekstrem untuk menahan laju wabah varian baru Covid-19. Karena itu, pemerintah dan masyarakat Inggris pun perlu berbuat lebih banyak bersama untuk mengendalikan galur baru virus tersebut.

Editor : Ahmad Islamy Jamil